Minggu, 04 Desember 2011

Annorexia Nervosa dan Bulimia

Diposting oleh Indah Fitria di 03.32
Annorexia nervosa merupakan gangguan psikologis dimana seseorang, umumnya wanita muda atau remaja putri, tidak suka makan karena takut kegemukan.
Ia meyakini bahwan dirinya kegemukan dan berat badannya belum juga berkurang walau ia semakin kurus.
Bulimia adalah jenis lain dari anorexia, yaitu mereka yang berusaha menghindari kenaikan berat badan dengan selalu memaksa diri memuntahkan makanan yang dimakannya.

Tanda-tanda Annorexia
Penyakit ini diawali dengan diet biasa, namun pengidap anorektik terus-menerus mengurangi makannya. Menurutnya, tangan dan kakinya masih terlalu gemuk. Makn dan selera makannya semakin sedikit, dan bahkan walau tubuhnya sudah sangat kurus, dia tetap merasa tubuhnya masih gemuk dan ia semakin takut gemuk. Dia enggan membuka pakaian didepan orang lain untuk menyembunyikan penyusutan badannya. Guna menghindari paksaan keluarga untuk makan secara normal, dia menyisihkan makanannya dan membuangnya. Atau mungkin dia membuat dirinya muntah setelah makan. Para anorektik (orang yang mengalami anorexia) sering minum obat urus-urus dengan keyakinan keliru bahwa hal itu bisa menolong menurunkan berat badannya. Sementara penurunan berat badan berlangsung, kebanyakan para anorektik berhenti haid. Kulit menjadi layu dan badan terlihat sangat kurus. Tanpa perawatan, banyak anorektik menjadi sangat depresi, dan dalam beberapa kasus bahkan bunuh diri.

Sumber : Dokter dirumah anda 2011

0 komentar:

Posting Komentar

 

!:: Sains is Fun ::! Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei